443 CPNS Kediri Lolos Seleksi Resmi Dianulir

KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, secara resmi menganulir 443 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos dalam ujian tulis beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan Wali Kota Kediri Samsul Ashar, pembatalan tersebut terkait ditemukanya hasil asli ujian dari PT Lapi ITB Bandung yang tidak sama dengan sebelumnya.
Kepada sejumlah wartawan, Samsul mengatakan jika temuan itu terungkap setelah tim khusus yang dibentuknya, bersama Kepolisian Resor Kota Kediri mengambil naskah asli hasil ujian CPNS ke Bandung, Jawa Barat.

Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, termasuk pencocokan, diketahui jika ada perbedaan data sejumlah nama yang dikantongi Badan Kepegawain Daerah (BKD) sebelumnya. “Hari ini juga kita akan mengumumkan perubahan itu,” ujar Samsul.

Kecurigaan adanya penyimpangan diakui Samsul muncul sejak awal. Meski juga diakui sempat mendapat reaksi penentangan dari berbagai pihak, Samsul tetap bersikukuh mengirimkan tim khusus untuk mengambil naskah asli di ITB.

Yang diharapakan Samsul, pengumunan kedua yang dengan otomatis menganulir hasil pengumuman pertama tersebut, tidak menimbulkan gejolak. Sebab secara yuridis pemerintah daerah memiliki kewenangan mengubah dan mengumumkan hasil ujian CPNS. “Saya harap semuanya bisa menerima dengan lapang dada,” paparnya.

Sementara menindaklanjuti penemuan tersebut Kepolisian Resor Kota Kediri melakukan langkah pengusutan. Polisi akan memeriksa seluruh anggota panitia rekrutmen CPNS. Kepala Kepolisian Resor Kota Kediri Ajun Komisaris Besar Rastra Gunawan mengatakan, penyelidikan yang dilakukanya itu untuk memenuhi permintaan Wali Kota Samsul Ashar. Saat ini petugas masih mencari titik pangkal untuk menemukan pelaku penyelewengan ini. “Semuanya secara satu persatu akan kita mintai keterangan,” ujarnya.

Sebagai langkah pertama, petugas akan memulai pada proses pendaftaran calon peserta ujian. Polisi akan mengumpulkan seluruh dugaan kecurangan. Semuanya itu akan menjadi bukti awal menemukan pelaku penyimpangan. “Kita tidak ingin sampai kecolongan,” paparnya

Meski telah mengantongi dokumen asli hasil ujian yang dikeluarkan PT Lapi ITB Bandung, Rastra mengaku belum menemukan calon tersangka. Ia mengakui jika upaya pembuktian perkara ini, lebih rumit dibanding tindak kejahatan lainnya.

Untuk itu, fokus penelitian tertuju pada keluarnya dokumen rangkap hasil ujian dari PT Lapi. Langkah itu untuk memperjelas apakah penyimpangan dilakukan panitia, atau pembuat soal ujian dari PT Lapi ITB. “Kita perlu hati-hati. Karena ini tidak semudah membalikkan telapak tangan,” terangnya.

Rastra juga meminta Wali Kota untuk menyerahkan sepenuhnya persoalan itu kepada polisi. Sebab, sejauh ini ia menjumpai adanya keraguan antara kewenangan pemerintah daerah dan polisi dalam menuntaskan kasus. “Kita berharap bisa bekerja maksimal,” pungkasnya

berita sebelumnya:

Tunggu Kepastian

Semeru belum bisa jelaskan keruwetan CPNS

Demo ujian CPNS minta Diulang
Seputar CPNS

7 thoughts on “443 CPNS Kediri Lolos Seleksi Resmi Dianulir

  1. Ping balik: Wali Kota Kediri Akan Merevisi « Welcome to Deapron's Blog

  2. Ping balik: Walikota Bantah Menganulir Hasil Test CPNS « Welcome to Deapron's Blog

  3. Ping balik: Wali Kota Mulai Bimbang « Welcome to Deapron's Blog

  4. Ping balik: 20 Nama Ditengarai Bermasalah (CPNS KEDIRI) « Welcome to Deapron's Blog

  5. Ping balik: Tim Anggaran: Gaji CPNS 2009 Tidak Bisa Dicoret « Welcome to Deapron's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s