20 Nama Ditengarai Bermasalah (CPNS KEDIRI)

Samsul Belum Putuskan untuk Coret atau Tidak

KEDIRI – Berapa banyak sebenarnya nama-nama yang dicurigai bermasalah dalam pengumuman hasil tes CPNS Kota Kediri 12 Desember lalu? Sumber wartawan koran ini di lingkungan pemkot menyebut, sekitar 20 orang. Merekalah yang diduga menjadi ‘pengganjal’ belum diumumkannya hasil revisi oleh Wali Kota Samsul Ashar.

Menurut sumber tersebut, jumlah itu ditemukan setelah wali kota mencocokkan hasil pengumuman 12 Desember dengan data dari Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB). Rangking nilai mereka ditengarai tidak sama dengan ‘data asli’-nya.

Karena itulah, ujar dia, wali kota harus kembali meng-cross check data-datanya. Sebab, ada berbagai kemungkinan di balik temuan tersebut. Misalnya, terjadi mark up pada nilai dan rangking sejumlah peserta. “Mungkin juga karena ada kelalaian petugas dalam memasukkan data. Ini yang masih diselidiki,” ujarnya kepada Radar Kediri kemarin.

Seperti diberitakan, Wali Kota Samsul tak kunjung mengambil sikap terhadap karut marut pengumuman CPNS 2009. Sebelumnya, dia menyatakan akan merevisinya. Namun, saat diluruk ratusan peserta yang dinyatakan lolos, dia mengatakan tidak akan menganulir. Ketidakjelasan sikap ini salah satunya karena masih menunggu hasil pengecekan antara pengumuman 12 Desember dengan data dari LAPI-ITB.

Sumber itu mengatakan, dengan temuan di atas, jumlah peserta yang bakal dicoret tak akan terlalu banyak. Ini jika wali kota pada akhirnya berani merevisi pengumuman 12 Desember. “Dari 440 peserta yang diterima, sebagian besar murni kok. Hanya sekitar 20 orang yang diduga bermasalah,” katanya.

Dia mengakui, pasca-diluruk ratusan peserta yang dinyatakan lolos, Rabu (23/12) lalu, Wali Kota Samsul pada posisi dilematis. Yakni, akan merevisinya atau menetapkan pengumuman 12 Desember.

Keduanya sama-sama mengandung risiko. Jika direvisi, peserta yang sudah telanjur dinyatakan lolos akan berunjuk rasa. Sementara, jika tidak, protes akan muncul dari peserta yang seharusnya berhak lolos namun tersingkir. Sebab, ditengarai, mereka juga sudah memegang ‘data asli’ dari LAPI-ITB. “Ini yang sedang dipikirkan,” ujar sumber yang masuk ‘lingkaran dalam’ wali kota ini.

Sayang, hingga kemarin, Wali Kota Samsul belum bisa dikonfirmasi langsung. Kabag Humas Pemkot Nur Muhyar juga mengaku tidak tahu banyak tentang adanya 20 nama yang bermasalah di atas. Menurut dia, sampai kini, penelitian data-data dari LAPI-ITB masih belum selesai. “Masih dicocokkan (dengan pengumuman 12 Desember),” akunya.

Selain itu, katanya, pemkot masih menunggu rekomendasi dari polresta. Sebab, mereka sudah melaporkan kasus ini ke polisi. Rekomendasi dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan wali kota sebelum mengambil keputusan tentang kasus CPNS.

Lalu, benarkah pengumuman akhir atas hasil seleksi nanti dilakukan Senin (28/12) depan? Nur mengaku belum mendapat pemberitahuan sehingga tidak berani memastikan. “Saya belum tahu apakah Senin sudah bisa diumumkan di media massa atau belum. Yang jelas, kalau ada pengumuman, kami akan umumkan di media massa,” jawabnya.

Sumber:radarkediri

Berita sebelumnya:
Wali Kota Mulai Bimbang
walikota bantah menganulir hasil test cpns
wali kota kediri akan merevisi
443 cpns kediri lolos seleksi resmi dianulir
Tunggu Kepastian
Semeru belum bisa jelaskan keruwetan CPNS
Demo ujian CPNS minta Diulang
Seputar CPNS

One thought on “20 Nama Ditengarai Bermasalah (CPNS KEDIRI)

  1. Ping balik: Tim Anggaran: Gaji CPNS 2009 Tidak Bisa Dicoret « Welcome to Deapron's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s