Tim Anggaran: Gaji CPNS 2009 Tidak Bisa Dicoret

KEDIRI – Ancaman pimpinan DPRD Kota Kediri untuk mencoret anggaran gaji calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 membuat para peserta yang lolos lewat jalur honorer daerah (honda) resah. Sebab anggaran itu tidak hanya meliputi gaji 440 CPNS yang diterima lewat jalur umum. Tapi juga untuk 170 CPNS yang diangkat dari jalur honda.

“Kalau anggaran gaji CPNS 2009 dicoret maka jangan semuanya. Sebab untuk honda yang lolos sebagai CPNS tidak ada masalah,” ujar UI, salah satu honda yang diangkat sebagai CPNS 2009, kepada Radar Kediri kemarin.

Untuk diketahui, dalam rekrutmen CPNS 2009, Pemkot Kediri mendapat jatah 613 formasi. Masing-masing 443 dari jalur umum dan 170 dari jalur honda. Namun untuk jalur umum hanya terisi 440 orang.

Pengangkatan tenaga honda sebagai CPNS itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 48/2005 tentang Pengangkatan Honda sebagai CPNS. Batas akhirnya adalah tahun ini. Setelah itu tidak ada lagi penerimaan CPNS dari jalur honorer.

UI mengatakan, hingga kemarin belum menerima surat perintah melaksanakan tugas (SPMT). Kabarnya SPMT akan turun bersamaan dengan jalur umum. “Kalau sekarang yang jalur umum belum beres, kami juga bingung,” katanya.

Untuk itu, UI berharap masalah rekrutmen CPNS jalur umum segera selesai. Salah satunya dengan segera mengumumkan kepastian CPNS yang diterima, lalu dilanjutkan pemberkasan. Sebab, untuk jalur honorer, pemberkasan sudah dilakukan September lalu. “Tapi saya tidak tahu apakah pemberkasan itu sudah benar-benar beres atau belum,” sambung seraya berharap SPMT berikut gajinya bisa turun per Januari 2010.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Anggaran Pemkot Bambang Basuki Hanugerah mengakui bahwa anggaran gaji CPNS 2009 dari jalur honorer daerah dan umum memang dijadikan satu. “Total anggaran yang kami usulkan untuk gaji 613 CPNS di APBD 2010 sebesar Rp 23 miliar,” akunya.

Bambang menjelaskan, anggaran tersebut cukup besar karena rekrutmen CPNS 2009 tidak hanya meliputi pegawai biasa. Akan tetapi juga tenaga profesional seperti dokter, guru, dan paramedis. Sehingga, selain gaji pokok, mereka juga mendapatkan tunjangan-tunjangan yang lain.

Lebih lanjut dia menandaskan bahwa anggaran gaji tidak bisa dibatalkan atau dicoret. Sebab hal itu merupakan perintah dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Anggaran tersebut tetap harus masuk meski masalah rekrutmen CPNS belum beres,” tandas kepala badan perencanaan pembangunan daerah (bappeda) ini.

Jika tidak dianggarkan dalam APBD 2010, sambung Bambang, bisa berbahaya. Sebab, jika di kemudian hari rekrutmen CPNS 2009 beres, mereka tidak akan bisa menerima gaji.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Sholahuddin Fathurrahman mengatakan masih menunggu janji Wali Kota Samsul Ashar untuk menyelesaikan masalah rekrutmen CPNS. Sebab, pemkot berjanji akan menyelesaikannya sebelum akhir bulan ini. “30 Desember kata Pak Wali sudah beres. Jadi kami tunggu dulu saja,” katanya

Sumber:radarkediri

Berita sebelumnya:
20-nama-ditengarai-bermasalah-cpns-kediri/
Wali Kota Mulai Bimbang
walikota bantah menganulir hasil test cpns
wali kota kediri akan merevisi
443 cpns kediri lolos seleksi resmi dianulir
Tunggu Kepastian
Semeru belum bisa jelaskan keruwetan CPNS
Demo ujian CPNS minta Diulang
Seputar CPNS


Create your own at MyNiceSpace.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s