Mengundurkan Diri, CPNS di Tegal Didenda Rp10 Juta

TEGAL – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tegal, Jawa Tengah, menjatuhkan sanksi denda denda masing-masing sebesar Rp10 juta kepada empat calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos seleksi.

Kepala BKD Kota Tegal Dyah Kemala Sintha mengatakan sanksi denda itu sudah sesuai peraturan yang tertuang dalam pelaksanaan seleksi CPNS 2009. Para pelamar CPNS ini juga sebelumnya sudah menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp6.000.

Dalam aturan penerimaan CPNS disebutkan bahwa setiap pelamar yang diterima namun mengundurkan diri bersedia membayar denda Rp10 juta.

“Kalau sebelum pelaksanaan peserta sudah mundur, tidak jadi masalah,” katanya di sela-sela pembekalan CPNS, Selasa (29/12/2009).

Menurut dia, sanksi denda ini berlaku diseluruh daerah yang menggelar seleksi penerimaan CPNS yang difasilitasi Pemprov Jateng. Akibat pengunduran diri empat peserta CPNS itu, empat formasi di Pemkot Tegal kosong.

Yakni formasi tenaga teknis nutrisionis satu orang, guru dua orang, dan dokter gigi satu orang.

“Kami tidak tahu alasan pengunduran diri mereka. Yang jelas, mereka harus membayar denda. Kalau tidak, kami akan tempuh melalui jalur hukum,” ujarnya.

Dyah menjelaskan total pelamar CPNS formasi 2009 yang dinyatakan lolos seleksi sebanyak 312 orang. Dari jumlah itu, hanya 308 orang yang hadir mengikuti pembekalan. Sedangkan empat di antaranya memilih mengundurkan diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s