Orangtua Murid Stres Anaknya Dikeluarkan dari Sekolah

fb
Pekanbaru – Pihak sekolah SMU Negeri 4 Tanjungpinang, Kepri, tidak memberi pintu maaf terhadap muridnya yang dianggap menghina guru lewat facebook. Orangtua murid stres memikirkan hukuman yang menimpa buah hatinya.

“Kami selaku orangtua melihat anak dikeluarkan dari sekolah sebagai sebuah pukulan berat, dan itu kami anggap aib yang sangat memalukan kami. Saya sendiri sempat stres melihat kondisi yang ada,” kata Edy Trisno, ayah dari Al, salah satu dari empat murid yang dikeluarkan pihak sekolah, dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (14/2/2010).

Edy menceritakan, sekitar 5 hari yang lalu kabar anaknya dikeluarkan telah sampai kepadanya. Dia bersama istrinya bergegas ke sekolah ingin meminta penjelasan persoalan apa sebenarnya sehingga anaknya harus dikeluarkan.

Pihak sekolah menjelaskan, anaknya bersama rekan lainnya dikeluarkan karena telah menghina guru perempuan lewat situs pertemanan facebook.

Edy melihat tindakan sekolah sungguh keterlaluan. Pihak sekolah tidak memberikan kesempatan bagi muridnya untuk dibina kembali.

“Facebook ini kan dunia baru bagi anak-anak. Mungkin saja mereka keceplosan menulis atau bagaimana. Mestinya kan pihak sekolah memberikan peringatan terlebih dahulu untuk tidak mengulangi hal yang sama. Tapi semua penjelasan yang kami sampaikan selaku orangtua tidak digubris pihak sekolah,” kata Edy lirih.

Berulang kali Edy bersama orangtua murid lainnya berupaya agar mereka dimaafkan. Tapi segala upaya tidak membuahkan hasil. Pihak SMU Negeri 4 tetap bersikeras mengeluarkan 4 muridnya.

Edy bercerita, suatu ketika dia datang ke sekolah untuk minta maaf. Hatinya teriris melihat anaknya beserta 3 siswa lainnya yang dituduh menghina di facebook, duduk di lantai di luar kelas. Al yang duduk termenung, tidak menyadari kedatangan ayah ibunya.

“Hati kami selaku orangtua sangat terpukul melihat mereka tidak diberi kesempatan belajar sebelum ada putusan dikeluarkan. Waktu itu saya panggil istri saya untuk melihat anak kami yang duduk di lantai. Ibunya langsung menangis, walau tanpa sepengetahuan anak kami,” kata Edy dengan suara menangis dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (14/2/2010).

“Saya tahu anak saya salah, tapi sebegitu beratkah hukuman yang diberikan padanya? Mengapa tidak ada kesempatan yang diberikan pada kami untuk dapat bersama membina anak-anak itu ke arah yang lebih baik?“ tanya Edy.(detiknews)

3 thoughts on “Orangtua Murid Stres Anaknya Dikeluarkan dari Sekolah

  1. Ping balik: Seputar Facebook « Welcome to Deapron's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s