Seputar Facebook

mark zuckerberg
gb.1 Pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Facebook
gb.2 Tampilan Baru Facebook

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.(wikipedia)

Hanya dalam waktu dua bulan, pengguna Facebook bertambah 50 juta, dari 350 juta menjadi 400 juta. Hal tersebut menjadi hadiah ulang tahun keenam bagi Facebook yang jatuh 4 Februari 2010.

Kenaikan 50 juta pengguna dalam dua bulan sangat bermakna karena berarti menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna Facebook masih positif dan sangat tinggi. Pasalnya, untuk naik dari 300 juta menjadi 350 juta pengguna, sebelumnya Facebook butuh waktu tiga bulan.

Seperti dilansir Mashable, Pencapaian itu disampaikan pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, Kamis (4/2/2010) malam waktu AS dalam kegiatan Hackathon, kompetisi ide antarkaryawan Facebook yang berlangsung sepanjang malam dan rutin dilakukan beberapa bulan sekali.

Zuckerberg juga mengatakan ada beberapa kejutan yang akan dihadirkan di layanan tersebut dalam beberapa hari ke depan. Namun, yang pasti, mulai hari ini Facebook mulai berganti layout meski belum dirasakan semua pengguna. Salah satu yang sudah pamer layout baru misalnya Mathew Sanders. Facebook belum secara resmi menyatakan perubahan itu.

Kabarnya, tahap awal akan dilakukan kepada 80 juta pengguna dulu. Apakah Anda beruntung di antaranya yang sudah merasakan layout baru Facebook?

Dengan adanya Facebook banyak beberapa peristiwa baik yang menyenangkan maupun menyusahkan terjadi. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan teknologi jejaring sosial ini.

Berikut ini beberapa cerita seputar Facebook yang diambil dari berbagai sumber:

Diancam Putus, Pria Sebar Foto Bugil Pacar di Facebook
Mataram – Perbuatan PE (26) sungguh keterlaluan. Hanya karena kesal diancam akan diputuskan cintanya, dia tega menyebar foto bugil kekasihnya, CAW (17), di jejaring sosial facebook.
Kasus ini bermula ketika CAW meminta putus dari PE. Namun lelaki yang bekerja di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tak rela CAW pindah ke lain hati. Segala jurus rayuan ia keluarkan, tapi hati CAW tak juga luluh. CAW tetap minta putus.

PE tak kurang akal. Jurus andalan ia keluarkan. CAW dia ancam. PE berniat memberitahu orang tua CAW, kalau hubungan asmara di antara mereka sudah melampui batas-batas orang berpacaran.

CAW yang kini duduk di kelas III sebuah SMU swasta ini keder juga. Soalnya CAW tahu, PE memiliki sejumlah bukti berupa gambar video soal hubungan yang telah mereka lakukan. Tak cuma bersedia melanjutkan jalinan kasih antar mereka, CAW juga bersedia melakukan apa saja, asal orang tuanya tak diberi tahu.

Rabu (3/2/2010) siang kemarin, PE tiba-tiba menelpon CAW. Ia minta kekasihnya itu mengirimkan foto bugil melalui pesan multimedia telepon genggam. Tanpa curiga, CAW pun mengirimkan foto bugilnya.

Rabu sore, Roro teman sekelas CAW berniat memperbarui status di account facebook miliknya. Ia terperanjat. Pasalnya Roro melihat foto salah satu sahabatnya terpampang tanpa busana. Ia pun memberitahu sahabatnya. Diputuskan, sore itu juga, mereka lapor ke Polres Mataram.

Kasat Reskrim Polres Mataram, AKP Andi Dadi Nurcahyo Kamis (4/2/2009) sore mengatakan, pihaknya kini masih mengumpulkan bukti. Sejauh ini, laporan yang masuk kata dia, baru pencemaran nama baik.

“Baru laporan pencemaran nama baik, dengan cara menyebarkan gambar telanjang di facebook. Kami masih mengumpulkan bukti dan memeriksa keterangan saksi. Kalau terbukti, maka kasusnya bukan lagi pencemaran nama baik, tapi sudah mengarah ke pornografi,” ujarnya.

cerita terkait:
Orang Tua Murid Stress Anaknya dikeluarkan sekolah gara-gara FB
Mahasiswi Kedokteran Undip Hilang, Diduga Diculik Kenalan di Facebook
Gadis Temukan Keluarganya Lewat Facebook
Terlalu Banyak Teman, Bill Gates Berhenti Ber-Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s