TROUBLESHOOTING GAS WATER HEATER

Bila anda mempunyai masalah dengan pemanas air / water heater di rumah, tidak ada salahnya bila anda mencoba memperbaikinya sendiri seperti yang saya lakukan beberapa hari yang lalu.

Saya mempunyai WH gas merk Modena yang saya beli sekitar tahun 2011. WH tersebut sangat membantu dalam keseharian keluarga kami apalagi bila musim dingin tiba, mandi air hangat terasa nyaman. Kami tidak perlu repot-repot memasak air untuk mandi. Tinggal memutar kran air hangat pun sudah bisa dinikmati oleh keluarga terutama saat memandikan si kecil. Dengan harga sekitar Rp 900rb kami membeli WH tersebut waktu itu. Tentunya diluar biaya pemasangan. murah dan ekonomis

Beberapa minggu yang lalu tiba-tiba WH tidak bisa saya nyalakan. Hanya bunyi dari busi pemantik (tek tek tek) yang terdengar. Seperti biasanya bila WH tidak bisa saya nyalakan saya langsung mengecek isi gas LPG barangkali sudah habis. Setelah saya cek ternyata isi tabung LPG masih penuh. Lalu saya lanjutkan untuk mengganti baterai namun WH tetap saja tidak menyala. Saya sempat bingung dimana masalahnya? Tanpa pikir panjang saya bongkar WH tersebut. Saya pelajari sistemnya dengan berbekal browsing dari internet. Saya memang hobi otak-atik alias D.I.Y jika mempunyai sesuatu bermasalah apalagi saya mempunyai waktu luang. Jika tidak berhasil baru saya bawa ke service centre.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari water heater modena yang sudah saya bongkar.

2014-12-06 12.18.01

Setelah saya bongkar saya bersihkan bagian-bagian dari WH sambil meneliti adakah bagian yang aus dan harus diganti. Alhamdulillah setelah saya teliti bagian dalam dari WH masih bagus, karet- karet seal masih bagus, solenoid masih bekerja normal. Setelah selesai membersihkan saya kembalikan seperti semula.  Namun masalah terjadi saat saya mau memasang busi pemantik dan sensor panasnya. Niat untuk membersihkan ujung pemantik malah berujung fatal. Oh tidaak…pemantiknya patah sodara-sodara…. dalam hati saya berkata sia-sia usaha saya membongkar WH ini kalau hasilnya malah rusak. Tapi saya tidak mau menyerah, saya keliling ke toko elektronik untuk mencari sparepart pemantik tadi namun semua toko tidak ada yang menyediakan part tersebut.

berikut ini adalah pemantik yang patah ujungnya

2014-12-04 10.43.32

Akhirnya saya browsing ke internet (modena.co.id) dan menanyakan sparepart tersebut dan hasilnya saya disarankan untuk menghubungi service center terdekat di tempat tinggal saya. Mengenai pelayanan dari pihak modena Saya akui sangat bagus dan responsif walaupun sparepart yang saya maksud tidak tersedia di tempat namun mereka menawarkan saya solusinya apakah saya ingin memesan. Lalu saya tanyakan berapa hari pemesanan bisa sampai ke tempat saya, mereka menjawab kira-kira 2 minggu. Perlu diketahui harga pemantik yang saya cari di situs ebay seharga sekitar 9$ itupun harus beli banyak kalau tidak salah. Tidak jauh berbeda dengan harga yang ditawarkan oleh petugas servis  modena. Saya berpikir tidak bisakah pemantik tersebut diganti pemantik lain? Yang lebih murah? Lalu saya teringat di rumah terdapat kompor bluegaz yang sudah tidak terpakai. Saya bergegas untuk memeriksa apakah pemantiknya sama dengan yang saya cari? Oh… ternyata tidak sama. Pemantik kompor berujung lurus dan bulat sedang pemantik WH berujung lancip seperti jarum. Setelah saya bandingkan ternyata panjang kawat pemantik adalah sama walaupun ujungnya berbeda, namun saya berpikir ini pasti bisa toh prinsip kerjanya sama yaitu hanya memantikkan percikan ke tungku agar api bisa menyala. Tanpa pikir panjang pemantik dari kompor saya lepas lalu kawat pemantik saya pukul pelan-pelan agar terlepas dari isolator(keramik) setelah terlepas, ujungnya saya belokkan dengan ukuran yang persis dari pemantik WH.

Kini saatnya memasang pemantik modifikasinya….

Setelah semua bagian saya kembalikan seperti semula, lalu saya pasang sambungan pipa air dan gas LPGnya. Bismillahirrohmanirrohiim…….saya putar kran air panas dan apa yang terjadi? Alhamdulillaah kami dapat menikmati mandi air hangat lagi…. terima kasih Ya Allah…..

Akhirnya kami tidak jadi membawa si Water Heater Modena ke tempat servis.

2014-12-14 17.46.33

SELAMAT MENCOBA…..

15 thoughts on “TROUBLESHOOTING GAS WATER HEATER

  1. bagi rekan – rekan yang mau konsultasi gratis mengenai kerusakan water heater anda dirumah silahkan invite BB 7d2d1f1b
    CALL/SMS 089 8655 9266
    kami juga menyediakan semua spare part water heater,tks

    • Saya punya WH merk frisone sudah 1 tahun lancar, selang gas bersamaan dengan kompor gas di paralelkan ternyata tidak ada hambatan karena saya yakin kebutuhan kompor setiap saat dibutuhkan, jadi WH tidak telat gas, kecuali kompor gas tidak diganti baru tidak bisa pakai WH.
      Belakangan ini WH telat menyala dan suara tik tik nya kecil dan mau nyala harus disesuaikan dulu asupan gas di atur besar kecil baru terdengar tik tik tik taaak baru bisa nyala, coba saya bongkar ternyata pemantiknya ada tiga buah tidak nyala satu yaitu pemantik yang pendek karena pemantik api itu ada dua yang pendek dan satu panjang, setelah saya bongkar lagi saya coba dialihkan jadi pemantik yang panjang saja tidak menyala tetapi akhirnya tidak ada suara taaknya dan gas pun sudah saya coba dengan mengalirkan air gas itu tidak keluar dengan cara ditiup saluran gasnya mampat, bagaiman solusinya, dan pemantik kalo di bandung dimana mencarinya ?
      terima kasih

      • salam kenal untuk sdr/i tina
        coba ganti baterai dengan yang baru kalau tetap tidak bisa nyala sebaiknya dipastikan saluran gas lancar dan tidak tersumbat kalau perlu jangan dicabang dengan kompor. dibuat kan sendiri untuk wh nya. untuk spare part coba menghubungi website resmi wh anda. selamat mencoba…

  2. Gann..punya ku modena pass belioonline ternyata tidak nyala ..batery nyapun tidak nampak menyala padahal pemasangan batery sudah oke dan ganti baru…apa yg harus saya lakukan….?

    • kalau baterai diyakini sudah oke. cek aliran air kalau langsung dari mesin pompa biasanya tidak masalah karena sudah cukup umtuk menyalakan pemantik. kalau dari tandon biasanya di set paling kecil dulu. kalau sudah nyala perlahan2 putar pengatur aliran air ke arah lebih besar.bila dirasa tidak ada masalah pada aliran air coba cek suplai gas apakah lancar. selamat mencoba

  3. saya punya model WH milik Marloo komponen sama tetapi saat saya perbaiki gas saya dekatkan hidup kompornya tidak meleduk,tetapi saat gas ditaruh diluar dengan selang panjang saat hidup kompornya meleduk keras. ini bagaimana mengatasinya?

  4. saya punya wh modena. masalahnya tidak ada bunyi ctek setelah suara tik tik tik . kalopun bisa ctek dan hidup, on off pemantiknya harus saya hidup mati kan terus kira2 1 menit. pagi hidup sore mati begitu juga sebaliknya. saya sempat tanya service katanya regulatornya (saat itu pakai biogaz) harus ganti tidak perlu kompresi tinggi. sudah saya ganti dan sudah saya lepas regulatornya dan selang di magnetik valvenya semalaman sesuai saran. Setelah saya rangkai lagi ternyata masih seperti dulu… tetap sulit. saya baca di forum katanya magnetik / solenoid valve nya sudah lemah.
    * catatan : pengatur air, nyala api dan temp sudah dibikin paling kecil.

    Bagaimana mengatasinya biar lancar lagi ? harus beli magnetik valve baru apa bisa di service aja

    • memang harus telaten untuk mencari sumber permasalahan dari wh. kalau sudah rewel begini harus diurut satu-satu hingga yakin bagian yang menjadi permasalahan.
      coba ganti baterai dahulu dengan yang baru. setelah itu kalau tetap gak nyala cek semua komponen yang diperkirakan bermasalah kalau perlu bongkar dan rakit kembali.

  5. Gan, saya lokasi di Nganjuk – Jawa timur. Saya pakai WH merk BELLANO.
    Power 3V = 2 x Battery size “D” (battery besar).
    Masalahnya : Mulai beberapa minggu lalu setiap kita nyalakan pemantik bunyi terus (tek tek tek tek) walaupun apinya sudah nyala. Jadi sampai kita selesai mandi pemantik bunti terus (tek tek tek).
    Tapi beberapa hari ini malah pemantiknya nggak bunyi / nggak bisa nyala.
    Saya sudah minta tolong tukang service kompor gas untuk cek.
    infonya dia, Makgnetnya sudah kebakar / rusak.
    Menurut agan-agan apa benar meagnetnya yg rusak. dan beli magnetnya di mana ya ?
    Saya cari di toko elektronik nggak ada, apakah maknet untuk semua WH sama ?
    Belinya part untuk merk BELLANO di mana ya ?

    • bisa jadi pak. untuk spare part bisa hubungi Address: Jl. Rw. Maya 1 No.46, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421, Indonesia
      Open today 8AM–3AMPhone: +62 813-5036-9633

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s