Registrasi STNK 5 tahunan

2014-12-19 21.08.53

Kali ini penulis ingin mendokumentasikan mengenai registrasi pajak 5 tahunan kendaraan bermotor roda dua berdasarkan pengalaman pribadi di samsat setempat (kabupaten Kediri)

sepeda motor saya new tiger revolution pembelian desember 2009. dan bulan ini waktunya memperbarui pajak 5 tahunan. Mumpung lagi libur saya mengurus sendiri ke samsat.

Saya tiba di kantor samsat pukul 10.15 WIB pada hari jumat. Setelah parkir saya langsung menuju tempat fotokopi untuk memfotokopi berkas yang diperlukan yaitu stnk, bpkb, ktp yang semuanya tentunya harus yang asli. 5 menit selesai dengan biaya Rp 7.000.

Selanjutnya saya ke tempat cek fisik untuk melakukan cek fisik kendaraan bermotor. Selesai 5 menit dengan biaya Rp 5.000

Setelah itu saya parkir kendaraan dan menuju ruang berkas. Lalu saya serahkan berkas tadi ke petugas dan selanjutnya saya disuruh menunggu di ruang tunggu. Tidak lebih dari 10 menit saya sudah dipanggil di loket sebelahnya yaitu membayar uang Rp 80.000 dan diberikan slip BRI dari pembayaran tersebut. Kemudian saya menuju kantor utama yang ada di gedung samsat dan menyerahkan berkas ke petugas. Saya disuruh menunggu di tempat yang disediakan. Kurang lebih 10 menit saya dipanggil oleh petugas bagian pembayaran yang berkalungkan id card bank jatim untuk membayar sejumlah Rp 384.000, dan saya dipersilahkan menunggu kembali. 15 menit saya dipanggil untuk mengambil bpkb dan stnk yang baru. lalu disuruh ke bagian plat nomor dan menunggu lagi bro n sis…. Sekitar 10 menit nopol sudah jadi. dan selesai sudah proses registrasi 5 tahunan.

 

Setelah melalui beberapa tahapan dari awal sampai akhir, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut:

  • Waktu yang diperlukan untuk registrasi 5 tahunan : ± 55 menit
  • Biaya untuk motor honda tiger 2009 : Rp 476.000 dengan rincian sbb:

Fotokopi                              : Rp 7.000

Cek fisik                               : Rp 5.000

Perpanjangan R2 (BRI)     : Rp 80.000

PKB                                       : Rp 339.000

SWDKLLJ                            : Rp 35.000

Parkir berlangganan          : Rp 10.000

  • Pelayanan di kantor Samsat saya nilai sudah bagus
  • Sudah tidak terlihat calo berkeliaran

Sebagai tambahan informasi mengenai pelayanan Samsat, berikut ini beberapa link yang mungkin bermanfaat untuk anda khususnya di wilayah JATIM

Email                   : info@dipendajatim.go.id

Website               : www.dipendajatim.go.id

 

SMS INFO PKB

Memberikan Informasi besaran PKB & BBNKB

Ketik      : Jatim<spasi>nopol

Kirim ke : 7070

 

Atau

Melalui web       : www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

 

SMS SAMSAT KOMPLAIN

Menerima pengaduan kritik saran atas pelayanan pada KB, Samsat di Jawa timur

Ketik       : Jatim<spasi>nopol<spasi>keluhan, saran, kritik

Kirim ke : 7070

 

 

 

 

Tinggalkan komentar